wisata di Lampung mampir yuk ke Menara Siger Lampung

Menara Siger Lampung

wisatalampung.com |Assalamualaikum , selamat pagi guys, kita jelajah lagi yuk. Tapi kemana ya?kita ke Menar Siger Lampung yuk.

Menara Siger Lampung

Menara Siger Lampung, yuk mari. Tak begitu jauh dari Pelabuhan Bakauheni, berdiri sangat megah sebuah bangunan yang menjadi kebanggaan masyarakat Lampung. Bangunan yang berdiri menjulang pada ketinggian kurang lebih 110 meter di atas permukaan laut dan terletak tepat menghadap gerbang Pelabuhan Bakauheni. Inilah yang merupakan landmark di Provinsi Lampung sekaligus merupakan titik kilometer nol selatan Sumatera, yang  diberi nama Menara Siger Lampung. Menara Siger diresmikan oleh Gubernur Sjahroedin Z.P. pada 30 April 2008.
Menara Siger Lampung  terletak di Bukit Gamping, Bakauheni, Lampung Selatan.Menara Siger Lampung ini memiliki bentuk yang sangat unik dengan sembilan kerucut berwarna kuning keemasan  berderet memanjang. Bentuk ini mengadaptasi dari bentuk mahkota pengantin wanita dalam adat Lampung yang biasanya di sebut Siger. Dan pucuknya yang berjumlah sembilan adalah simbolisasi dari sembilan bahasa yang ada dalam masyarakat Lampung.Arsitektur unik Menara Siger Lampung ini dibuat oleh Ir. H. Anshori Djausal M.T., (arsitek asli dari Lampung). Konstruksi bangunan dibuat dengan tehnik khusus dan membuatnya tahan terpaan angin dan guncangan .


Baca Juga 

Jika  menyeberang dari Pelabuhan Merak➡ Bakauheni, Menara Siger Lampung ini akan terlihat dari kejauhan dan menandakan kita akan segera menginjakkan kaki di tanah Lampung.
Orang Lampung bilang sih, kalo plesiran ke Tanah Lampung belum sah jika  tidak menginjakkan kaki di Kompleks Menara Siger Lampung ini. jadi penasaran deh.. Apa sih istimewanya Menara Siger? 

Menara Siger Lampung adalah simbol Lampung. Menara Siger yang dibangun sejak 2005 itu menjadi ikon dalam bidang seni ,budaya keagamaan dan pendidikan. Menara Siger Lampung ini  menghabiskan dana sekitar Rp 15 miliar dalam pembangunanya begitu tertanam di memori masyaralat Lampung seperti  Monumen Nasional (Monas) yang begitu dibanggakan warga Jakarta.

Menara Siger Lampung berwarna kuning dan merah. Bangunan ini juga berhiaskan ukiran corak kain tapis khas daerah Lampung. Dan Payung tiga warna (putih-kuning-merah) menandai puncak di Menara Siger Lampung . Payung ini adalah sebagai simbol tatanan sosial. Dan Dalam bangunan utama Menara Siger Prasasti Kayu Are adalah sebagai simbol pohon kehidupan. 
 
Menara Siger Lampung

Menara Siger Lampung


Menara Siger Lampung

 Selamat Bekunjung Dan jangan LUPA Share yah😊😊
Previous
Next Post »