Taman Purbakala Pugung Raharjo Lampung Timur

TAMAN PURBAKALA PUGUNG RAHARJO YANG MENAWAN

wisatakulampung.com |  Assalamualaikum guys,masih semangat kan lanjut yuk kita jelajah wisata di Lampung Timur,kemarin kita udah ke Taman Nasioanal Way Kambas terus hari ini kita ke Danau Way Jepara dan lanjutkan yuk kita ke Taman Purbakala Pugung Raharjo.

Taman Purbakala Pugung Raharjo


Taman Purbakala Pugung Raharjo merupakan peninggalan Zaman Purbakala dari Zaman Megalitik,Zaman  Klasik dan Islam. Lampung memang salah satu tempat yang kaya akan peninggalan pada massa Prasejarah. salah satunya adalah Taman Purbakala Pugung Raharjo. sesuai namanya ya guys,ada purbakala-purbakala gitu😊.

Taman Purbakala Pugung Raharjo berada Desa Pugung Raharjo di Kecamatan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur. Taman Purbakala Pugung Raharjo berjarak sekitar 52 kilometer dari pusat Kota Bandar Lampung.  Dari Bandar Lampung, untuk menuju ke Desa Pugung Raharjo, bisa melalui Jalan Ir. Sutami ke arah Sribhawono, Lampung Timur dan Perlu waktu sekitar 2 jam untuk mencapai lokasi Taman Purbakala Pugung Raharjo ini.

Taman Purbakala Pugung Raharjo ditemukan sekitar tahun 1957 oleh penduduk  yang terdiri atas warga transmigran sewaktu penebangan hutan. Salah satu dari temuan awal adalah sebuah arca yang yang bercirikan berlanggam Budhi dan masa klasik.Dan pada tahun 1968, dilakukanlah penelitian oleh Lembaga Purbakala yang dipimpin oleh Drs. Buchori. 
Pada tahun 1973, Lembaga Purbakala dan Peninggalan Nasional bekerjasama dengan Pennsylvania Museum University melakukan  pendokumentasian kepurbakalaan dan pencatatan Taman Purbakala Pugung Raharjo yang hasilnya dituangkan pada Laporan Penelitian Sumatera. Penelitian terus berlanjut,pada tahun 1980 dilakukan ekskavasi, yang menghasilkan kesimpulan bahwa kompleks megalitik Taman Purbakala Pugung Raharjo memiliki luas sekitar 25 ha.

Dalam situs arkeologi Taman Purbakala Pugung Raharjo ini juga terdapat komplek peninggalan dari masa megalitik seperti pundan berundak,arca , altar batu,batu mayat, menhir, batu berlubang, serta dolmen peninggalan periode klasik berupa prasasti, dan keramik dari Dinasti Sun ,Dinasti Han,dan Dinasti Ming.


Dan Apa aja sih yang ada di Taman Purbakala Pugung Raharjo?

Kolam Awet Muda Taman Purbakala Pugung Raharjo  

Kolam Megalitik ini berada di dekat Punden Berundak tertinggi.  Konon sih kolam ini merupakan Kolam Bertuah, dan akan membuat mereka yang mandi di kolam ini menjadi awet muda.

Taman Purbakala Pugung Raharjo

Taman Purbakala Pugung Raharjo


Punden Berundak Taman Purbakala Pugung Raharjo
 
Taman Purbakala Pugung Raharjo
Situs batu Mayat Taman Purbakala Pugung Raharjo  
Sekitar kurang lebih 1 km dari Gerbang, melalui  kebun jati dan palawija, kita akan menemukan Situs Batu Mayat Taman Purbakala Pugung Raharjo.  Situs ini kadang disebut juga  Batu Kandang.
Taman Purbakala Pugung Raharjo

Rumah Informasi  Taman Purbakala Pugung Raharjo 

Sesuai namanya  Rumah Informasi adalah tempat  untuk mendapatkan informasi mengenai Taman Purbakala Pugung Raharjo.  Di sini kita bisa melihat beberapa benda peninggalan purbakala seperti gerabah, batu, guci, arca patung dan tentunya informasi mengenai sejarah ditemukannya Taman Purbakala ini
Taman Purbakala Pugung Raharjo
Taman Purbakala Pugung Raharjo

Taman Purbakala Pugung Raharjo

Taman Purbakala Pugung Raharjo

Taman Purbakala Pugung Raharjo

Gerbang Taman Purbakala Pugung Raharjo

Sekitar 1 km dari Rumah Informasi  Dari papan petunjuk yang ada di Gerbang Taman Purbakala,ada 2 benteng dan 4 punden di Situs Purbakala Pugung Raharjo.

Taman Purbakala Pugung Raharjo

Dan Tips bagi anda yang ingin berkunjung ke Taman Purbakala Pugung Raharjo guys,, karena Destinasi Wisata Taman Purbakala Pugung Raharjo ini masih sepi, maka ada beberapa hal penting untuk diperhatikan :

  • Jangan datang sendirian y guys, sebaiknya mampir ke rumah informasi untuk ditemani oleh petugas.
  • Bawalah bekal seperti Minum dan Makanan dari luar, karena mengingat lokasinya yang luas bisa membuat anda haus dan lapar.
  • Jangan merusak dan mencuri benda-benda property dan purbakala apapun di sana.
  • Dan Jangan membuang sampah sembarangan.
 Semoga bermanfaat ya guys,dan selamat berkunjung.
Previous
Next Post »