Bendungan Batu Tegi Lampung Recomended Banget Untuk Di kunjungi

Bendungan Batu Tegi Lampung Temapat yang Recomended Banget Buat Foto


wisatakulampung.com | Jika tengah travelling ke Provinsi Lampung, tidak salahnya untuk berkunjung ke daerah wisata Bendungan Batu Tegi Lampung. Bendungan Batu Tegi merupakan salah satu kawasan wisata yang mulai dilirik pengunjung nusantara maupun mancanegara.

Foto Bendungan BatuTegi 


Di bendungan ini Anda dapat melihat hamparan luas air yang menakjubkan. Pemandangan yang disuguhkan membuat penikmatnya berdecak kagum. Udara yang sejuk dan segar juga menambah keindahan tempat ini. Anda juga dapat menikmati pemandangan bendungan ini melalui Dermaga (Jetty). Dermaga ini melawati jalan yang berkelok-kelok biasanya disebut dengan kelok delapan karena kelokannya dilihat dari atas seperti angka delapan. Dari sini terlihat jelas hampir keseluruhan pemandangan bendungan.


Foto Rute Jalan Bendungan Batu Tegi
Turun lagi kebawah, terdapat satu buah dermaga Bendungan Batu tegi. Tempat ini lah yang biasa orang jadikan spot untuk beristirahat karena kesejukannya. Disediakan pula jasa kapal-kapal kecil yang menawarkan jasa untuk berkeliling bendungan, dengan maksimal penumpang 7-10 orang. Wisatawan yang datang ke sini pun kerap menjadikan tempat ini sebagai lokasi yang menarik untuk berfoto wefie bareng teman. Tempat ini memang nampak sangat indah dan memukau dalam bingkai sebuah foto.


Foto Bendungan Batu Tegi

Lokasi wisata Bendungan Batu Tegi Lampung
Wisata Bendungan Batu Tegi memiliki jarak kurang lebih 85 km dari Bandar Lampung atau sekitar empat jam dari Pelabuhan Bakauheni. Sesampainya di sana, ada jalan menurun panjang dan berbelok yang harus dilewati. Namun, perjalanan panjang itu tidak akan terasa jika kamu mencoba menikmatikeindahan alam yang masih natural di sekitar perjalananmu.

Lebih tepatnya, wisata Bendungan Batu Tegi terletak pada Kabupaten Tanggamus, Lampung selatan. Bagi kamu yang ingin berkunjung ke sini, dijamin akan puas akan keindahan alamnya. Yuk, ke Bendungan Batu Tegi Lampung!
Biar gx nyasar pake google Maps Aja yah...

Baca Juga
Bukit pangonan Talang Indah Pringsewu
Sejarah Bendungan Batu Tegi
Pembangunan Bendungan Batutegi dimulai dari tahun 1995. Biaya yang digunakan untuk membangun bendungan Batutegi diambil dari dana APBN pemerintah pusat. Selain itu pemerintah pusat juga meminjam uang ke Japan Bank For International Cooperation untuk membiayai pembangunan bendungan.
Sayangnya pada saat proses pembangunan pada tahun 1998, bendungan ini sempat memakan korban jiwa dari para pekerjanya. Mereka tewas setelah tertimpa mesin pengecor semen yang mempunyai berat puluhan ton pada saat sedang membangun salah satu terowongan pembuangan air di bendungan Batutegi.Total ada 13 korban jiwa yang meninggal pada saat kejadian

Bendungan Batutegi selesai di bangun dan mulai dibuka pada tahun 2004. Peresmian bendungan terjadi pada tanggal 8 Maret 2004. Proses peresmian itu sendiri dilakukan oleh Presiden Indonesia yang pada waktu itu dijabat oleh Ibu Megawati Sukarnoputri. Informasi ini bisa terlihat dari prasasti peresmian yang terbuat dari batu marmer hitam yang terletak pada salah satu bagian di puncak bendungan.
Bendungan Batutegi mempunyai kapasitas penampungan yang mampu menahan debit air sebanyak 9 juta meter kubik. Pada saat PLTA yang berada di bendungan ini mampu menghasilkan listrik dengan kapasitas total mencapai 125,2 giga watt per tahun.
Sayangnya kondisi debit air di bendungan Batutegi tidak selalu mencapai kapasitas puncaknya. Sehingga belum tentu bisa menghasilkan potensi output listrik sesuai dengan kapasitas maksimumnya. Bahkan pada tahun 2008 bendungan Batutegi sempat ditutup karena kekurangan tinggi air minimal yang dibutuhkan untuk menggerakkan generator listrik, yaitu setinggi 274 meter diatas permukaan laut.

Dua bendungan lainnya, yaitu Bendungan Way Rarem dan bendungan Tirta Shinta. Kedua bendungan tersebut terletak di Kotabumi. Bersama-sama di ketiga PLTA yang beroperasi di bendungan tersebut digunakan untuk menyuplai listrik bagi penduduk Lampung.


Salah Satu Tempat yang RECOMENDED untuk Foto loh....

Karena pemandang di Bendungan Batu Tegi yang indah sayang sekali jika tidak berfoto di tempat ini.Dan termasuk tempat yang Recomended banget bagi yang suka dengan Indahnya pemandangan Alam. 
Begitupula dengan Saya yang menjatuhkan pilihan untuk mengambil foto Prewed di Bendungan Batu Tegi. Walaupun Lokasinya cukup jauh dari tempat tinggal saya tapi keindahan Alam yang di sugukan sungguh tidak menggoyahkan hati saya untuk perpaling..hehehe

Berikut beberapa hasil jepretannya

bendungan batu tegi
Foto Prewed di Bendungan Batu Tegi

bendungan batu tegi
Foto Prewed di Bendungan Batu Tegi
bendungan batu tegi
Foto Prewed di Bendungan Batu Tegi


bendungan batu  tegi
Foto Prewed di Bendungan Batu Tegi
bendungan batu tegi
Foto Prewed di Bendungan Batu Tegi




Previous
Next Post »